Skenario Video Pendek

Video merupakan salah satu bentuk media yang paling diminati, salah satu alasannya karena menggabung unsur audio dan visual, jadi seseorang lebih tertarik dan cenderung tidak bosan sehingga tujuan yang ingin disampaikan lebih mudah diterima dan dicerna. Video pendek merupakan video yang berdurasi kurang dari lima menit, semakin pendek sebuah video bisa jadi semakin susah menggarpnya sebab konsepnya harus matang, sehingga adegan atau scene yang ditampilkan dapat menyampaikan maksud pembuatan video. Kreativitas dan pengalaman menjadi elemen penting dalam pembuatan video berdurasi pendek, salah satunya yaitu skenario. Tentunya sebelum membuat video pendek, kita perlu merancang skenario sehingga lebih efektif dan efisien serta mendapat output sesuai yang kita inginkan.


Di bawah ini merupakan contoh skenario pembuatan Video pendek berdurasi 1 menit 52 detik
Judul video: 5S TOMAT (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, TOlong, Maaf Terimakasih)
Latar Belakang:
Latar Belakang:
Pemeran:
Mas Anam (Narasumber)
Reporter (cewek)
Narasi:.

Revolusi mental yang digulingkan pemerintah dimulai ari hal hal yang sederhana. Yaitu dimulai sejak berada di sekolah. Guru adalah orang yang jharus dihormati karena letak kebermanfaatn ilmu siswa berada pada ketulusan hati gurunya.
Siswa dan siswi madrasah
Ada hal yang sangat aku banggakan dari madrasahku. Dimana kami memiliki budaya 5S Tomat.

5S itu adalah Salam, Senyum, Sapa. Dan ketinggalan pula adalah Tomat. Yaitu singkatan dari Tolong, Maaf Terimakasih.
meskipun sekolah kami terletak di perkampungan. Tapi lulusan lulusan sekolah kami tak kalah hebatnya.
karena kami melaksanakan 5S Tomat. 5S tomat adalah budaya yang sederhana tapi sangat bearti maknanya. Karena Revolusi mental dimulai dari hal sederhana. Menghormati guru dan menyayangi sesama.

video ini adalah video narasi,
jadi. Mas anam nanti baca narasi di atas. Mas anam nggak kelihatan wajahnya sampai nanti ada adegan terakhir.
Pertama.
Ada hal yang sangat aku banggakan dari madrasahku (shoot madrasah, beberapa detik saja. Kalau bisa ngeshootnya siswa pada berangkat ke madrasah, nama madrasah juga dishoot)

Kedua
Dimana kami memiliki budaya 5S Tomat (shoot papan atau kertas yang berisi tulisan “MARI BUDAYAKAN 5S TOMAT) yang tertempel di dinding madrasah. Shoot beberapa detik

Ketiga:
5S itu adalah Salam (shoot salam salaman kepada guru saat siswa masuk ke madarasah)
Senyum (shoot siswa yang saling melempar senyum dan menganggukan kepalanya, bisa pas lewat atau bisa senyum kepada gurunya)
Sapa (shoot siswa yang menyapa siswa yang lain. dalam adegan ini tidak ada suara. Siswa itu melambaikan tangannya dan senyum kepada temannya) adegan ini si siswa tersebut menghampiri temannya yang disapa tadi kemudian berjalan bersama

Keempat
Dan ketinggalan pula adalah Tomat. Yaitu singkatan dari Tolong Maaf terima kasih (siswa berlari dan tak sengaja menabrak temannya. (pemerannya cowok semua ya)
kemudian ia menolong  dengan mengulurkan tangannya kepada siswa yang jatuh itu. Siswa yang jatuh meraih tangan si penolong itu. Kemudian siswa yang menabraknya merapatkan dua telapak tangannya. Dan meminta maaf. Kemudian si siswa yang jatuh mengucapkan terima kasih.

Kelima:
5S tomat adalah budaya yang sederhana tapi sangat bearti maknanya (shoot mereka guru dan siswa melaksanakan doa bersama sebelum pelajaran dimulai. Aegannya emua siswa mengadahkan tangannya)

Keenam
Karena Revolusi mental dimulai dari hal sederhana. Menghormati guru dan menyayangi sesama.
(adegan ini mas anam diperlihatkan wajahnya. dengan mimic emangat dan senyum. Karena sifatnya ini adalah reportase maka pas mas anam tayang. Di bawah layer ada penjelasan ( Khoirul Anam. Guru/Alumni MA Irsyad Gajah)

reporter: terima kasih pak anam (shoot ke wajah reporter, dan shoot ke wajah pak anam sambil ngangguk)
endingnya. Wajah reporter di zoom dan ia senyum. Se manis manisya.
jadi kalau bisa reporternya adalah siswi yang memiliki senyuman manis hehe atau gigi gingsul lhah.
supaya lebih mengesankan.


Keterangan:
- semua adegan tanpa suara dan hanya pengucapan bibir kecuali si narrator dan adegan yang keenam.
- semua adegan dilakukan di sekolahan
- Mas anam pake peci dan baju biasa kayak pas ngajar saja
- repoter membawa recorder atau HP nggak pa pa.
- buat adegan se pure mungkin.

 Untuk melihat video skenario ini KLIK DISINI
Semoga bermanfaat