Oke Sahabat penaku, kali ini saya akan memposting tentang contoh karya tulis ilmiah lengkap LLAJ, karya tulis ini adalah Juara 3 Lomba LLAJ tingkat Kabupaten Demak. Semoga bermanfaat..
 cekidot.....
 sebelumnya ini dia penulis karya ilmiah ini ( M. Taufiq )



Lembar Pengesahan


Karya Tulis Ilmiah dengan judul
Etika berlalulintas yang baik meningkatkan ketertiban dan keselamatan lalulintas angkutan jalan dikalangan pelajar  Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah sebagai pengguna kendaraan bermotor.

Ditulis oleh:
MUHAMAD TAUFIQ
NIS:11.3040

Telah disetujui untuk dapat diikutsertakan dalam Lomba Pemelihan Pelajar
Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2013
Kabupaten Demak
                                                                        Demak, 13 juni 2013
            Mengetahui                                                    
            Kepala Madrasah                                                        Pembimbing

            H.Fachrurrozi, S.Pd.                                                   Nurul Khanifah, S.Pd.

I
ABSTRAKSI

Taufiq,Muhamad.2013.Etika berkendara yang baik meningkatkan ketertiban dan Keselamatan Lalu lintas Angkutan Jalan dikalangan pelajar Madrasah aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah sebagai pengguna kendaraan Bermotor.

Sebagian besar siswa di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah adalah pengemudi kendaraan bermotor.Tidak sedikit dari mereka yang menjadikan sepeda motor sebagai transportasi menuju ke Madrasah.
Berbagai dampak dari etika berkendara yang kurang baik dapat meresahkan tatanan yang telah ada,dan juga dapat berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain
Rumusan masalah dalam karya Tulis Ilmiah ini akan memfokuskan bagaimana maeningkatkan kesadaran pelajar tentang pentingnya etika berkendara dijalan raya bagi para pelajar yang menggunakan sepeda motor
Dari hasil observasi di lapangan yang dilakukan ialah masih kurangnya kesadaran pelajartentang mengindahkan  etika berkrndara mereka.
Dari hasil wawancara terhadap 10 responden 5 diantaranya menjawab demi keselamatan adalah alasan mereka mentaati peraturan lalulintas. 1 responden menjawab menghidari sanksi. Dan sisanya karna sudah menjadi etka serta kebiasaan mereka mentaati peraturan lalulintas









II
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur atas rahmat Allah SWT, akhirnya Karya Tulis Ilmiah ini dapat di selesaikan dengan baik dan atas kehendak-Nya semua proses pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini dapat berjalan dengan baik dan tepat pada waktunya.
Selama penyusunan karya tulis ini,penulis banyak mendapat batuan dari berbagai pihak. Oleh karna itu pada kesempatan kali inipenulis menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada:
1        .Bapak H. Fachrurrozi,S.Pd.Kepala Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak
2        Ibu Nurul Khanifah,S.Pd. telah banyak memberikan bimbingan dari awal hingga akhir dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah
3        Seluruh responden yang telah memberikan saran-saranya.
4        Seluruh Siswa Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irayad Gajah yang telah membantu memberikan informasi hingga terselesaikan karya tulis ilmiah
Penulis menyadari bahwa tidak sedikit kelemahan dan kekurangan yang ada dalam karya tulis ilmiah ini.Untuk itu,penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran. Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ilmia ini bermanfaat bagi semua

                                                                                    Demak,12 juni 2013
                                                                                    Penulis
                                                           

                                                                                    Muhamad Taufiq






IV


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………..  I
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………  II
ABSTRAKSI………………………………………………………..  III
KATA PENGANTAR………………………………………………  IV

            BAB I :           PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang Masalah……………………..   1
1.2              Rumusan masalah……………………………   2
1.3              Tujuan Penelitian…………………………….   2
1.4              Manfaat Penelitian…………………………..    3
1.5              Sitematika penulisan…………………………   3
BAB II:           KAJIAN TEORI
                  2.1       Deskripsi Teorestis…………………………..   5
                             2.1.1 Etika dan Moral……………………….    5
                             2.1.2 Tata tertib dalam berkendara………….    6
2.1.3 Etika Berlalu Lintas Di Kalangan Pelajar Sebagai Pengemudi Kendaraan Bermotor Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah………………    7
                        BAB III:         METODE PENELITIAN
                        3.1       Observasi Lapangan…………………………    9
                        3.2             Wawancara………………………………..    9
            BAB IV:         HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1                Hasil Penelitian…………………………….    10
4.1.1 Observasi……………………………..   10
                                        4.1.2 Wawancara……………………………   11
                            4.2       Pembahasan…………………………………   12
V
                BAB:   PENUTUP.
                            5.1       Simpulan........................................................  13
                            5.2       Saran-saran…………………………………   13
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………...   14
LAMPIRAN-LAMPIRAN……………………………………………  15



















VI

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Diberbagai wilayah di Indonesia, jumlah pelanggaran lalulintas kian meningkat setiap tahunya ,seperti yang dilansir oleh Beritasatu.com dalam artikel yang berjudul Arogansi pengendara dijalan raya kian meningkat.Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa- Arogansi pengguna jalan bisa dilihat dari total penegakkan hukum terhadap pelanggar lalu lintas. Data yang diperoleh dari Seksi Penindakkan dan Pelanggaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ), sedikitnya ada 41.598 pelanggaran lalu lintas per 1-13 Juni 2011.Dan dari data tersebut pelajar menyumbangkan peranya dalam data pelanggaran lalulintas dengan 2842 orang.
Kejadian ini juga terjadi diwilayah-wilayah kota kecil seperti halnya kabupaten Demak.dari data diatas dapat diketauhi bahwa pelajarpun tidak luput dari pelanggaran lalulintas.pelajar saat ini tidak hanya mempunyai keinginan untuk belajar ,mereka cenderung terpengaruh untuk melakukan suatu hal yang tidak mereka sadari dapat mengganggu tatanan yang telah dibuat.seperti tidak mengindahkan peraturan lalulintas yang telah ada.
Seharusnya pelajar mengetauhi dampak atau akibat dari pelanggaran lalulintas,sehingga mereka dapat meminimalisir resiko terhadap diri sendiri dan orang lain.akan tetapi pelajar seperti menganggap sepele tentang peraturan lalulintas.ini dibuktikan dengan masih banyak pelajar yang memodifikasi kendaraan mereka dengan

1
tidak mempertimbangkan keselamatan dijalan,tidak memakai helm,dan tidak membawa perlengkapan surat kendaraan,serta kebut-kebutan dijalan
            Hal itupun juga bukan perkara yang mustahil apabila terjadi dilingkungan MA PLUS KETERAMPILAN AL  IRSYAD  GAJAH.Mengingat mayoritas siswa-siswi menggunakan sepeda motor sebagai transportasi menuju kesekolah.
Makin meningkatnya pelanggaran lalulintas yang dilakukan oleh pelajar ini yang menginspirasi saya,untuk menggali lebih jauh tentang hal ini dalam sebuah karya tulis. Karya tulis ini akan membahas tentang etika berlalulintas yang baik meningkatkan ketertiban dan keselamatan lalulintas angkutan jalan dikalangan pelajar  MA PLUS KETERAMPILAN AL IRSYAD GAJAH  sebagai pengguna kendaraan bermotor.

1.2  Rumusan Masalah

Dari paparan tersebut,masalah yang akan di kaji adalah
1.      Apa penyebab makin meningkatnya pelanggaran lalulintas dikalangan pelajar
2.      Bagaimana upaya mengurangi pelanggaran pelanggaran tersebut demi meningkatkan ketertiban dan keselamatan berkendara dikalangan pelajar MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah

1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penyebab semakin menurunya etika dan moral pelajar yang memengaruhi prilaku pelajar dalam berkendara .
 sebagai acuan untuk mengetauhi seberapa besar tingkat menurunya etika berkendara para pelajar. Dan untuk mengetauhi bagaimana peningkatan kesadaran
2
tentang pentingnya etika serta moral berkendara para pelajar dikalangan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.

1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian yang dapat diperoleh ialah
1.      Sebagai wacana alternative yang dapat digunakan pemerintah daerah kabupaten demak dalam rangka peningkatan keselamatan lalu lintas angkutan jalan dikalangan pelajar
2.      Sebagai pertimbangan orang tua dalam menumbiuhkan moral dan etika anak perihal prilaku berkendara.
3.      Sebagai kajian tukar gagasan (sharing idea) dengan para pelajar dalam rangka meningkatkan keselamatan lalulintas dan angkutan jalan dikalangan pelajar sebagai pengemudi kendaraan bermotor.

1.5  Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan karya tulisini adalah  sebagai berikut:
BAB 1             : PENDAHULUAN
1.1                Latar Belakang Masalah
1.2                Rumusan Masalah
1.3                Tujuan Penelitian
1.4                Manfaat Penelitian
1.5                Sistematika penulisan

3
BAB II            : KAJIAN TEORI
2.1                Deskrisi teorestis
2.1.1         Etika Dan Moral
2.1.1         Tata tertib dalam berkendara
       2.1.3   Etika Berlalu Lintas Di Kalangan Pelajar Sebagai Pengemudi Kendaraan Bermotor Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.

BAB 3             : METODE PENELITIAN
3.1  Observasi lapangan
3.2   Wawancara
BAB 4             : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
            4.1       Hasil Penelitan
            4.1.1    Observasi Lapangan
            4.1.2    Wawancara
            4.2       pembahasan
BAB 5             : PENUTUP
            5.1       kesimpulan
            5.2       Saran





4
BAB II
KAJIAN TEORI
1.1              Deskripsi Teorestis
1.1.1        Etika dan Moral
Ada beberapa term yang sering dipakai untuk mendeskripsikan sesuatu yang beerkaitan dengan prilaku manusia.term itu diantaranya adalah etika dan moral. Term tersebut sering kali menimbulkan salah paham dalam penggunaanya.oleh karna itu perlu adanya penegasan term tersebut.
      Istilah etika berasal dari bahasa Yunani,Ethos dalam bentuk tunggal yang berarti adat,dalam bentuk jama’ berarti adat kebiasaan.Formulasi tersingkat dari etika ialah ilmu pengetahuan tentang kesusilaan,sedangkan dalam persepsi schuman(1993)lebih berakar dalam watak atau karakter seseorang. Etika ialah ekspresi atau pernyataan dari yang terpendam dalam hati sekaligus menentukan tingkah laku secara nyata terhadap sesama.
      Moral berasal dari kata mores(latin) yang berhubungan dengan kebiasaan suatu kelompok manusia.Mores mengandung kaidah-kaidah yang sudah diterima oleh masyarakat sebagai pedoman tingkah laku anggotanya yang harus dipatuh , Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990),kata moral diartikan sebagai ajaran baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan,sikap,kewajiban,dan sebagainya.
      Dari uraian tersebut bisa diartikan bahwa etika serta moral berkendara ialah suatu sikap baik atau buruk,kebiasaan,yang menjadi watak seseorang dalam menentukan tingkah laku atau prilaku seseorang dalam berkendara terhadap sesama dan lingkunngan.

5
1.1.2                  Tata tertib dalam berkendara
Aturan lalu lintas sendiri sebenarnya tidak hanya berwujud larangan tetapi juga berbentuk perintah, dilarang belok, dilarang parkir, dilarang menyalip atau dilarang berputar. Peraturan tersebut sebenarnya banyak sekali bisa berbentuk perintah, petunjuk, dan pemberitahuan karena wujud dari peraturan sebenarnya ada banyak sekali.
Permasalahan disini adalah karena kurangnya kesadaran dari masyarakat terutama remaja. Bentuk dari kurangnya kesadaran itu adalah pelanggaran.
Banyak peraturan dan hukum yang telah menetapkan tetapi remaja yang bersikap tak acuh nekat melanggar begitu saja atau sudah tahu tetapi tetap melanggar.
    Banyak kejadian kecelakaan yang disebabkan karena perilaku remaja yang seenaknya sendiri berkendara tanpa mengindahkan tata tertib.
Kecelakaan lalu lintas sering kali disebabkan karena pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri. Banyak faktor yang menyebabkan masyarakat khusunya remaja melanggar lalu lintas dan tidak ada kesadaran yang ditunjang
 dengan pengetahuan yang luas tentang tata tertib lalu lintas
 Anak-anak remaja banyak yang mengganggap apabila berkendara dengan mematuhi tata tertib lalu lintas dianggap kolot padahal sebenarnya mereka tidak berpikir luas dan kedepan akan bahaya dan dampak yang akan dialami apabila melanggar lalu lintas. Karena, sejatinya peraturan dibuat untuk ditaati bukan dilanggar. Namun, okumgm masyarakat yang salah kaprah memutar balikkan slogan sehingga menjadi doktrin dan kemudian membudidaya menjadi watak yang
        

6
 sulit untuk dirubah, yaitu “Aturan dibuat untuk dilanggar”. Paradigma dan pemikiran masyarakat sudah sangat salah kaprah, mereka menganggap bahwa peraturan tidak penting untuk ditaati. Selain itu, lemahnya okum dan ketidak
bijaksanaan aparat pemerintah sendiri yang membuat masyarakat melunakkan segala okum dan peraturan yang sudah ditegakkan. Banyak masyarakat percaya bahwa aparat polisi bisa disuap dll. Karena, ketidak bijaksannaan polisi sendiri seakan pemerintah membuat aturan dan itu dijadikan lahan keuangan bagi oknum-oknum nakal. Saat kepercayaan masyarakat pada aparat pemerintah telah pudar, maka pelanggaran tata tertib mulai merajalela. Banyak remaja berkendara nekat melanggar peraturan tata tertib berkendara karena hal tersebut.  Adapun bentuk bentuk pelanggaran yang sering di lakukan oleh pelajar diantaranya sebagai berikut
      1)      Mengebut di jalan
      2)      Tidak memiliki SIM, STNK, STUJ (surat tanda uji kendaraan)
      3)      Tidak mengenakan sarana prasaran yang lengkap
      4)      Memodifikasi motor yang tidak sesuai standar
      5)      Melanggar marka jalan
      6)      Melanggar rambu-rambu
      7)      Tidak menyalakan lampu sein, riting, lampu hazard
      8)      Pelanggaran terhadap ketentuan dan muatan yang diijinkan
      9)      Berkendara dalam keadaan mabuk, telpon, sms dan berbicara
      10)  Belum terampil dalam berkendara (frekuensi tertinggi adalah 0-18 bulan setelah kepemilikan SIM)
      11)  Mengebut di jalan raya (yang dilakukan oleh 38% remaja laki-laki dan 25% remaja perempuan)
7
      12)  Menumpang pada teman sebaya (nebeng)
13)  Menyetir pada malam hari (pada Pk. 21.00-Pk. 06.00)
      14)  Menyetir dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan
      15)  Kondisi kendaraan yang tidak baik (sabuk pengaman yang tidak memadai atau mobil lama/old car)
      16)  Menggunakan telepon seluler pada saat menyetir (memiliki risiko 4x untuk terjadi kecelakaan).

.      Sehingga, dalam melestarikan tata tertib berkendara diperlukan kerjasama antara semua pihak demi terwujudnya budaya tertib berlalu lintas.

2.1.3    Etika Berlalu Lintas Di Kalangan Pelajar Sebagai Pengemudi Kendaraan Bermotor Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.
Etika yang baik dalam berlalulintas adalah syarat yang harus dipahami betul serta dimiliki oleh pengendara maupun pengguna jalan. Banyak pelajar yang hari ini menjadikan sepeda motor sebagai kebutuhan pokok untuk keperluan sehari-hari.
            Hal tersebut sering berkaitan dengan prilaku mereka dijalan raya.sehingga dari sekian banyak pelajar yang menggantungkan keperluanya dengan sepeda motor banyak diantaranya yang tidak mengindahkan prilaku berkendara yang baik dan berkarakter. Mereka tidak menyadari bahwa hal yang demikian itu sangatlah berisiko,mulai dari resiko yang kecil hingga resiko yang fatal. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada diri mereka sendiri. Namun juga berdampak pada orang lain. Dengan demikia pelajar harus senantiasa memperhatikan prilaku mereka dalam berkendara dan merubah prilaku mereka dalam berkendara yang tidak sesuai dengan moral atau kaidah yang diterima oleh masyarakat.
8
BAB III
METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode kualitatif, metode kualiatif dalam penelitian ini dilakukan dengan cara :
1.      Observasi Lapangan
2.      Wawancara
3.      Library Research (Penelitian Kepustakaan) dan Internet

3.3  Observasi Lapangan
Observasi langsung dilakukan dengan cara mengunjungi jalan raya sekitar Madrasah aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad gajah yang menjadi jalur pergi dn menuju Madrasah

3.4  Wawancara
Wawancara adalah tanya jawab antara dua orang atau lebih dengan maksud untuk menggali informasi baik berupa fakta atau pendapat seseorang untuk tujuan tertentu. Dalam penelitian ini saya mewawancri sejumlah pelajar Madrasah Aliyah plus Keterampilan Al Irsyad Gajah yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi menuju sekolah
3.5  Library Research (Penelitian Kepustakaan) dan Internet
Kajian Pustaka yang dilakukan adala mengambil data dari buku-buku terkait mengenai remaja dan lalu lintas serta mengunjungi website-website penyedia informasi mengenai lalu lintas.

9
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
4.1.1 Observasi
Dari observasi yang saya lakukan bahwasanya  sebagian besar siswa MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah Masih kurang kesadaranya tentang etika berlalu lintas, banyak pelajar yang mengabaikan hal-hal yang justru menjadi hal pokok dalam berkendara.
Adapun contoh-contoh prilaku pelajar yang kurang kesadaran dalam etika berlalu lintas
1.      Tidak menggunakan helm dengan benar yaitu malas untuk menerapkan pengait yang menjaga agar helm tetap dikepala
2.      Tetap melaju kencang di jalan raya sekitar madrasah padahal jalan raya tersebut adalah jalan yang ramai pejalan kaki
3.      Bagi pelajar yang jarak rumah dengan madrasah berkisar 1-3 km enggan menggunakan helm
4.      Egois dalam berkendara tidak memikirkan pengguna jalan yang lain serta pejalan kaki
5.      Membuat polusi suara
Dari hal-hal tersebut seharusnya di butuhkan suatu upaya bersama,tentang cara-cara yang dapat ditempuh guna meminimalisir kejadian tersebut. Karna dampak yang ditimbulkan sangatlah menggagu tatanan yang telah ada,seperti lalulintas terkesan semerawut dan membuat pandangan masyarakat terhadap jaln raya  menjadi buruk
10
4.1.2 Wawancara
Wawancara ini menggunakan responden yang menjadi objek penelitian yakni kalangan pelajar yang mengendarai kendaraan bermotor di lingkungan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah.wawancara dilakukan pada tanggal 12 juni 2013 dengan 10 respondenyang kesemuanya merupakan pelajar di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah .Hasil yang diperolehdalam wawancara adalah sebagai berikut.
1.      Diantara 10 responden,semua mejawab sangat perlu diadakanya sosialisasi tentang kesadaran pentingnya etika,moral serta prilaku yang baik dalam berkendara di jalan raya bagi para pelajar yang sering menggunakan sepeda motor sebagai transportasi ke madrasah.
2.      5 responden menempatkan “keselamatan” sebagai alasan mereka mentaati peraturan lalulintas angkutan jalan.1 responden menjawab menghindari sanksi alasan mengapa ia mentaati lalulintas. 2 responden beralasan bahwa mentaati lalulintas sudah menjadi karakter dan etika mereka.
3.      Pewawancara meminta pendapat responden tentang upaya yang dapat responden berikan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya etika berkendara yang baik.7 responden berpendapat seharusnya diadakan sosialisasi tentang bagaimana etika berkendara yang baik itu. 3 responden berprndapat bahwa perlu kerjasama semua pihak guna meningkatkan kesadaran tentang etika berlalu lintas



11
4.2  Pembahasan
Dari hasil penelitian yang dilakukan diketauhi bahwa etika,moral serta prilaku pelajar dalam berkendara dijalan raya saat ini mengalami suatu penurunan.banyak hal yang menjadi penyebab,diantaranya perkembangan tehknologi yang sudah melampaui tatanan moral yang berlaku, globalisasi yang kian menggeser kearifan budaya local, serta sulitnya pengawasan serta pengontrolan orangtua terhadap anak mengenai pergaulan yang anak mereka lakukan,sehingga hal ini berimbas pada etika mereka saat berkendara.
Hal ini pun juga tidak berbeda dengan keadaan pelajar MA plus Keterampilan Al Irsyad Gajah. Kesadaran mereka tentang pentingnya etika berlalulintas menujukan suatu problem yang membuat kita khawatir. Tapi disisi lain terdapat suatu dorongan dan motivasi diri mereka dalam upaya memperbaiki etika,moral serta prilaku dalam berkendara dijalan raya saat ini.sehingga tidak ada alasan untuk diri kita menyerah dalam keadaan, kita memiliki motivasi,serta kemampuan untuk memperbaiki persoalan dalm diri kita terutama dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas








12
BAB V
PENUTUP
5.1  SIMPULAN
Simpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah
Kesadaran tentang etika,moral,serta prilaku berkendara di kalangan pelajar Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah sudah cukup baik
          
5.2  SARAN
Saran yang dapat di berikan ialah sebagai berikut.
1.      Keselamatan lalulintas memang merupakan tugas utama pemeritah, disamping itu kita sebagai pelajar setidaknya membantu tugas pemerintah dengan meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya etika,moral,serta prilaku berkendara
2.      Pelajar harus mengetahui dampak yang akan ditimbulkan jika kita mengabaikan etika berkendara
3.      Harus ada kerjasama dari berbagai pihak untuk menimgkatkan kesadaran para pelajar tentang pentingnya etika berlalulintas agar terwujud ketertiban dan keselamatan diri dan bersama





13
DAFTAR PUSTAKA
Beritasatu.com dalam artikel operasi simpatik pelanngar lalu lintas meningkat 15 juni 2011( http://www.beritasatu.com/hukum-kriminalitas/116269-operasi-simpatik-pelanggar-lalu-lintas-meningkat-841.html)
Depdikbud.(1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta ; Balai  
Pustaka
Larasati A,niken.2013,penelitian yang berjudul.Etika Remaja Dalam Berkendara.


Lubis,Marwadi.2009.Evaluasi Pendidikan Nilai.Bengkulu : Pustaka
Pelajar













14

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1
BIODATA PESERTA LOMBA
Nama                                                           :MUHAMAD TAUFIQ
NIS                                                              :11.3040
Kelas                                                            : XI AU
Tempat, Tanggal lahir                                  :Demak,31 mei 1996
Nama Orang Tua                                         :ABDUL KHALIM      
Alamat                                                         :Ngaluran,karanganyar,Demak
Asal Madrasah                                             :MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah











15